TUGAS 9 MPPL C

Tugas 9 MPPL C

Vincentius Tanubrata 05111840000091


Manajemen Sumber Daya

Resume Drama Korea Start Up


    Start up merupakan drama korea yang bercerita mengenai perjalanan membuat perusahaan start up yang besar. Cerita ini berawal dari seorang tokoh utama bernama Seo Dal Mi yang orang tuanya bercerai dan berpisah, dimana Seo Dal Mi mengikuti Ayahnya, dan kakaknya Seo Dal Mi bernama Seo In Jae mengikuti Ibunya. Kemudian ibunya Seo In Jae menikah lagi dengan orang kaya dan Seo In Jae berubah nama menjadi Won In Jae mengikuti nama ayah barunya. Pada saat bersamaan, neneknya Seo Dal Mi bertemu dengan seorang anak bernama Han Ji Pyeong yang baru saja keluar dari panti asuhan dan tidak punya tempat tinggal. Nenek tersebut merasa kasihan dan akhirnya membiarkan Han Ji Pyeong tinggal dirumahnya untuk beberapa bulan. Kemudian untuk menghibur Seo Dal Mi karena berpisah dengan kakanya, Neneknya Dal Mi memnita Han Ji Pyeong untuk mengirim surat setiap hari kepada Seo Dal Mi untuk menhiburnya. Namun dia mengatas namakan Nam Do San di surat tersebut. Tak lama kemudian ayahnya Dalmi meninggal Dunia karena kecelakaan, dan Han Ji Pyeong telah menghasilkan 80 juta Won dari saham dan pergi dari rumah neneknya Dal Mi.

        15 tahun kemudian, Won In Jae memegang perusahaan ayah barunya dan Seo Dal Mi masih hanya kerja di perusahaan kecil dan membantu neneknya berjualan corndog. Sementara Han Ji Pyeong telah sukses dan menjadi pemegang Perusahaan modal. Beberapa saat setelahnya, Seo Dal Mi memutuskan untuk keluar kerja dan membuat perusahaan start up sendiri untuk mengalahkan kakaknya, dengan mengikuti event perusahaan sandbox dimana dalam event sandbox tersebut akan dipilih orang orang terbaik untuk membuat perusahaan start up.
    
        Di saat yang sama, terdapat perusahaan kecil bernama SamSan Tech yang terdiri dari 3 orang (Nam Do San, Lee Chul San, dan Kim Yong San). Mereka berhasil memenangkan perlombaan CODA (lomba AI Internasional) namun kesulitan mencari Investor. Pada akhirnya mereka mengikuti event sandbox juga untuk menjadi perusahaan Start Up yang besar. Singkat cerita, mereka bertiga gagal pada tahap pertama yaitu pada pemilihan menjadi CEO. Disisi lain Seo Dal Mi berhasil lolos tahap pertama event tersebut dan menjadi CEO. Akhirnya Seo Dal Mi bekerja sama dengan SamSan Tech dan menjadi CEO dalam tim mereka, Berikut adalah Sumber daya Manusia yang terdapat dalam SamSan Tech :
  • Seo Dal Mi (CEO)
  • Nam Do San (CTO)
  • Lee Chul San (Engineer)
  • Kim Yong San (Engineer)
  • Jeong Sa Ha (Designer)    
Selain anggota diatas, SamSan Tech juga dimentori oleh Han Ji Pyeong Sebagai pemegang perusahaan  modal. Selain Sumber daya Manusia, mereka juga memiliki beberapa sumber daya untuk peralatan-peralatan yang dipakai selama event sandbox tersebut. Sumber daya untuk peralatan yaitu:
  • Hardware (Laptop, Handphone, dll) dan Software (aplikasi Artificial intelligence)
  • Meja, kursi, proyektor, dll
  • Peralatan untuk presentasi
        SamSan Tech ini berhasil melewati beberapa tahap pertama dengan membuat aplikasi AI untuk mendeteksi tulisan palsu. Kemudian mereka mengembangkan aplikasi mereka dan membuat Aplikasi bernama NoonGil untuk presentasi pada Demo Day. NoonGil sendiri merupakan aplikasi AI mobile untuk Tunanetra dengan menggunakan camera dan voice recognition dimana NoonGil akan menjawab pertanyaan yang kita tanyakan melalui yang dilihat pada camera handphone. NoonGil ini dibuat pertama kali atas ide Nam Do San untuk membantu Neneknya Seo Dalmi karena pengelihatannya berkurang.
    
        Pada awalnya NoonGil ini tidak disetujui oleh mentor mereka (Han Ji Pyeong). Karena tidak dapat menghasilkan pendapatan dari aplikasi tersebut, serta biaya penggunaanya mahal. Maka untuk menjalankan aplikasi NoonGil tersebut, mereka harus mencari investor untuk mendanainya. Singkat cerita, mereka berhasil mendapatkan dana untuk NoonGil dari investasi perusahaan Morning Group yang merupakan perusahaan dari ayah barunya Won In Jae. Akhirnya mereka berhasil mengembangkan NoonGil dan akhirnya berhasil memenangkan presentasi pada hari Demo sekaligus memenangkan event Start Up di Sandbox.

     Setelah berhasil memenangkan event Sanbox tersebut, mereka ingin melanjutkan NoonGil dan mereka melakukan kontrak 3 miliar Won dengan Alex Kwon dari 2STO yang merupakan perusahaan terbesar ke 6 di dunia. Tentunya SamSan Tech menyetujui kontrak tersebut tanpa pikir panjang. Ternyata, kontrak tersebut adalah untuk akuisisi bakat, dimana 2STO hanya mengambil developer mereka (Nam Do San, Lee Chul San, dan Kim Yong San). Sedangkan Seo Dal Mi dan Jeong Sa Ha dipecat. mereka menyesal karena bukan menjadi anak perusahaan dan tidak bisa mengembangkan NoonGil kembali bersama Seo Dal Mi dan Jeong Sa Ha. Tapi karena sudah melakukan kontrak ini, mereka tidak bisa apa apa selain mengikutinya. akhirnya  Nam Do San, Lee Chul San, dan Kim Yong San pergi ke 2STO selama 3 tahun, sedangkan Seo Dal Mi bekerja dengan kakaknya yaitu Won In Jae di In Jae Company.

        3 tahun berlalu, akhirnya Nam Do San, Lee Chul San, dan Kim Yong San kembali ke Korea dan bekerja sama kembali dengan Seo Dal Mi membuat Mobil Pengemudi otomatis bernama Tarzan. Mereka berhasil melewati beberapa tes dan kemudian mengikuti lomba Internasional bernama Tender. Tak lama kemudian mereka berhasil memenangkan perlombaan tersebut dan menjadi sukses.





Comments

Popular Posts