Tugas 2 MPPL C

Nama     :  Vincentius Tanubrata

NRP       : 05111840000091

Kelas     : MPPL C


Siklus Manajemen Proyek

Initiation

Identification of the problem
    Permasalahan yang diangkat dalam proyek ini yaitu perkembangan globalisasi yang terjadi dengan sangat pesat di dunia dewasa ini. Dimana globalisasi ini membuat tingkat kepedulian masyarakat terutama anak-anak muda terhadap suku dan budaya di Indonesia berkurang. Oleh karena itu dibutuhkan aplikasi permainan yang membantu anak-anak muda di Indonesia untuk belajar mengenai suku dan budaya yang ada di Indonesia.

Identification of the scope
     Aplikasi permainan "Argelia" ini dibuat dan dikembangkan untuk scope semua anak-anak muda (sekolah dasar atau remaja ) yang berada di Indonesia yang ingin mengenali suku dan budaya di Indonesia.s
 
Identification of Deliverables 
    Deliverables pada proyek ini yaitu sebuah aplikasi permainan berjudul "Argelia" yang merupakan permainan edukasi tentang suku dan budaya yang ada di Indonesia. Dimana didalam aplikasi ini terdapat berbagai gameplay unik mengenai suku dan budaya Indonesia, serta berbagai macam informasi mengenai suku dan budaya tersebut.

Identification of Project Stakeholders 
    Stakeholder yang terlibat dalam proyek ini yaitu Client yang meminta proyek tersebut serta pengguna (anak-anak muda) yang memainkan Aplikasi Permainan.

Development of business case 
    Proyek ini dirancang dengan business case yaitu untuk mengedukasi masyarakat Indonesia terutama anak-anak muda tentang suku dan budaya Indonesia. Selanjutnya pemain mendapatkan entertanment dari permainan ini, sehingga tidak hanya edukasi saja tetapi mendapatkan fun juga.

Planning

Identification of Project timeline
    Timeline dari project ini yaitu 1 bulan, dimana 1 bulan tersebut mulai dari brainstorming ide, pematangan kondep dasar, prototyping, pengembangan aplikasi permainan, dan testing.

Creation of workflow Documents
    Persetujuan fitur dan scope --> pembuatan konten oleh pihak Client --> pembuatan aplikasi permainan --> Revisi dan testing aplikasi --> Serah terima hasil.

Estimation of Budget
    Budget yang dibutuhkan pada proyek pengembangan aplikasi permainan ini yaitu hanyalah jasa program game dengan perkiraan total Rp3.000.000 dengan jumlah pekerja sebanyak 3 orang.

Gathering Resource
    Sumber daya yang dibutuhkan dalam proyek pengembangan aplikasi permainan ini adalah game engine Unity dan Laptop. Serta dibutuhkan SDM sebanyak 3 orang untuk game design, programmer, dan Artist.

Risk Anticipation
    Dalam proyek ini, dapat terjadi beberapa resiko dalam pengerjaannya. Seperti lewat batas tenggat waktu. Antisipasi untuk resiko ini yaitu perbanyak komunikasi dalam tim agar pekerjaan proyek dapat selesau tepat waktu.

Execution

Creating Tasks and organizing workflows

    Dalam proyek ini, tugas dibagi berdasarkan jenis kerjaannya. Tugas dibagi menjadi 3  bagian yang dikerjakan oleh 3 orang, yaitu Game design, Programming, dan Art. Ketiga bagian tersebut dikerjakan sendiri-sendiri dan diakhir akan digabungkan untuk membuat aplikasi permainan yang utuh.


Explaining Tasks to team members
    Penjelasan tugas kepada team members dilakukan diawal saat flooring project.

Communicating with team members
    Komunikasi dengan team member dilakukan seminggu sekali untuk menyampaikan perkembangan progress proyek pengembangan aplikasi permainan.

Monitoring
    Dalam proyek ini, rapat dilakukan setiap seminggu sekali untuk melakukan monitoring terhadap hasil proyek aplikasi permainan.

Managing Budget
    Budget yang dikeluarkan dalam proyek ini hanya digunakan untuk membayar jasa game designer, programmer, dan artist. Maka managing Budget yang dilakukan adalah memastikan bahwa semua team member bekerja sesuai dengan jobdesk dan tepat waktu.

Closure

Determining the goals
    Tujuan dari proyek ini adalah untuk membuat sebuah aplikasi permainan yang simple untuk mengedukasi anak-anak muda tentang suku dan budaya di Indonesia. Aplikasi diharapkan berjalan lancar dan tidak ada bug yang mengganggu selama bermain.

Evaluation of team's performance
    Sejauh yang sudah dikerjakan, semua team member mampu mengerjakan  semua jobdesk yang ada sesuai dengan tenggat waktunya.

Making sure that all aspects of the project are completed and providing reports to key stakeholder
    Pada akhir proyek, aplikasi permainan ini akan didemokan kepada stakeholder dengan menunjukan gameplay dan fitur-fitur yang ada.

Conducting a final analysis of the project
    Proyek aplikasi permainan ini telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan permintaan Client.

Comments

Popular Posts